Obat Alami Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit radang sendi yang di sebabkan oleh zat Purin yang mengalami pengkristalan di daerah persendian sehinga mengakibatkan rasa sakit yang amat sangat.

Asam urat merupakan penyakit yang umum di jumpai di indonesia, penyakit ini pada umumnya menyerang pria dengan kisaran umur  30 tahun keatas. penyakit asam urat jarang menyerang kaum wanita dikarenakan
adanya kandungan hormon estrogen pada wanita yang melindinginya bahkan sejak masi kanak-kanak.

Gejala

gejala yang timbul dari penyakit ini misalnya adalah rasa nyeri yang muncul pada persendian, umumnya terjadi pada sendi sekitar tangan dan kaki. Rasa nyeri ini umumya berlangsung selama tiga hingga sepuluh hari di sertai dengan pembengkakan pada sendi yang sakit. Setelah itu sendi akan kembali ke bentuk semula, Walau suda terlihat sembuh seringkali asam urat dapat kambuh lagi.

Untuk lebih jelas penderita harus memeriksakan diri ke laboratorium. Kadar asam urat normal untk wanita berkisar antara 2,6 – 6 mg/dl, dan untuk pria berkisar 3,5 – 7 mg/dl

Penyebab

Penyebab rasa sakit pada asam urat adalah terjadinya pengkristalan senyawa purin yang menumpuk di persedian sehingga membentuk Kristal –kristal tajam yang menyebabkan rasa sakit. senyawa purin di perloeh dari makanan yang kita makan dan di keluarkan dari tubuh melaui ginjal dalam betuk air seni, apabila jumlah purin yang masuk kedalam tubuh lebih besar dari yang di keluarkan maka kelebihan senyawa purin akan menumpuk di persendian tanpa kita sadari dan semakin lama akan semakin banyak kemudian akan mengkristal. Kristal yang bertumpuk akan keluar dari tulang rawan dan membuat lapisan lembut pada sendi yang disebut sinovium mengalami radang yang terasa menyakitkan. semakin lama Kristal yang menumpuk akan membentuk gumpalan keras yang di sebut tofi. tofi ini dapat mengakibatkan kerusakan tulang rawan dan tulang di sekitarnya, jika di biarkan terus berlarut dapat mengakibatkan kerusakan sendi secara permanen .

Asam urat juga dapat di sebabkan oleh penurunan kinerja ginjal, di ketahui ginjal berfungsi menyaring zat yang tidak di perlukan tubuh dalam darah, jika ginjal tidak dapat menyaring zat purin dengan baik maka akan terjadi kelebihan kandungan purin dalam darah. lantas zat purin akan di ubah menjadi asam urat. Maka dari itu seringkali orang yang mengidap penyakit ginjal juga akan menderita penyakit asam urat.

Tentunya pola makan yang tidak baik akan mendatangkan berbagai penyakit salah satunya adalah asam urat. Sebagian besar zat purin yang masuk dalam tubuh melaui makan yang kita makan purin banyak rerkadung dalam protein. Karena purin terdapat pada sel makluk hidu hampir semua jenis makanan dapat menyebabkan penyakit asam urat, namun ada beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan purin cukup banyak. jenis-jenis makanan yang mengandung bayak purin adalah:


1. Ekstrak daging seperti abon dan dendeng
2. Bebek, angsa dan kalkun
3. Jeroan seperti ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak
4. Sayuran seperti kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung
5. Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega
6. Seafood: udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden
7. Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, sarden)
8. Daging kambing, daging sapi, daging kuda
9. Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping
10. Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental
11. Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelap
12. Makanan yang bayak megandung protein dan lemak

Selain makanan jenis minuman juga dapat meningkatkan resiko asam urat antara lain:

1. minuman keras

jenis minuman keras dapat meningkatkan resiko terkena asam urat beberapa jenis minuman keras yang yang beresiko adalah jenis bir dan sprite, khususnya bir mengandung kandungan urin yang tiggi.

2. minuman dengan kadar gula tinggi

minuman kemasan yang banyak dijual di pasaran mengandung fruktosa, fruktosa meruakan zat gula alami yang di peroleh dari buah-buahan.

Ada pula obat yang dapat memicu asam urat antara lain:
1. Niacin, yaitu obat yang digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi.
2. Diuretik atau pil air, yaitu obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan juga mengobati penumpukan cairan di dalam tubuh yang tidak wajar.
3. Obat-obatan pereda tekanan tinggi lainnya, seperti obat penghambat saluran kalsium, obat penghambat enzim pengubah angiotensin, dan obat penghambat beta.
4. Aspirin

Obat Tradisional Asam Urat

1. Obat Asam Urat Sidaguri (Sida rhombifolia).

sering di kenal dengna nama guri, kahindu, sadagori, siliguri, atau bitumu. tanaman ini digunakan sebagai obat anti radang dan penghilang rasa sakit. bagian tanaman yang digunakan adalah bagian akar.

cara memramu akar sidaguri:
Rebus 15-30 gram herba kering atau 30–60 gram herba basah sidaguri dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya, minum 3 kali sehari masing-masing ½ gelas. Jika menggunakan akar, dosisnya 10– 15 gram.

2. Obat Asam Urat Sambiloto (Adrographis panniculata). 

Tanaman ini juga di kenal dengan nama papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, sampiroto, atau ki oray. namun tanaman ini dikenal sebagai antiradang, penghilang nyeri atau analgetik, dan juga penawar racun. Bagian tanaman yang digunakan adalah seluruh tanaman.

Cara Meramu Sambiloto:
Cuci bersih dan rebus sambiloto kering 10 gram, rimpang temulawak kering 10 gram, komfrey 5 – 10 gram, dan buah lada 1 gram dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas, diminum 3 kali satu gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

3. Obat Asam Urat Kumis kucing (Orthosiphon aristatus). 

Juga telah lama dikenal sebagai diuretik yang berkhasiat sebagai penghancur batu saluran kencing. Rasanya manis sedikit pahit, tanaman ini berguna untuk membantu tubuh membuang kelebihan asam urat lewat urin.

Cara Meramu Kumis Kucing :
Cuci bersih 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram basah, 10 gram meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah, dan 10 gram kapulaga kering. Memarkan jahe merah dan gabung dengan bahan yang lain, rebus dalam satu liter air hingga tersisa setengahnya. Minum pagi, siang dan sore hari, masing-masing ¾ gelas (150 ml) atau minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.

4. Obat Asam Urat Daun Salam (Eugenia polyanta). 

Untuk pengobatan memang daunnya lah yang paling banyak digunakan, tetapi akar, kulit dan buahnya pun berkhasiat sebagai obat.

Cara Meramu Daun salam :
Rebus 10–15 lembar daun salam segar ataupun kering dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

  
Pencegahan
Untuk pencegahan tentunya bagi yang mengidap penyakit asam urat harus menghindari makanan, minuman dan jenis obat-obatan yang sudah di sebutkan di atas. di tambah harus banyak minum air putih aalagi bagi yang mengidap penyakit batu ginjal akan sangat membantu ginjal mengeluarkan kristal purin.  

minum banyak air putih juga di sarankan untuk orang yang sehat, karena air putih dapat membantu penyaluran nutrisi keseluruh tubuh dan banyak manfaat lainya.

 berikut jenis makanan yang harus di konsumsi:

1. mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan potasium tinggi antara lain seperti  kentang, pisang yogurt.
2. Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan strawberry
3. Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat
4. Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi
5. Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup
6. Jangan minum aspirin
7. Jangan bekerja terlalu keras / kelelahan
8. Pada orang yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit, maka sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup.

tubuh kita merupakan suatu mekanisme yang saling berhubungan satu sama lain, jika salah satu bagian tubuh mengalami ganguan tentu akan berpengaruh pada bagian tubuh lain. maka dari pada itu, jagalah kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya , mulailah mengkonsumsi makanan yang sehat, berolahraga yang cukup,  dan banyak minum air putih.

Sekian .....
Jika ada yang kurang jelas atau ada yang ingin di tanyakan berhubungan dengan pos kali ini silakan meningalkan komentardi bawah. :D

semoga artikel ini bermanfaat. :)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »